Ar-Rahman…

ada decak kagum tersendiri buatku tentang surah ini. Ar-Rahman. di sepertiga malam, setiapku melantunkan surah ini, aku merasakan sesuatu yg besar, indah. tak terlihat. tapi terasa. hingga satu persatu air mata pun menetes ketika membacanya. karena sebagian besar dari surah ini menerangkan kepemurahan Allah SWT. kepada hamba-hamba-Nya.

Dan Allah telah meratakan bumi untuk makhluk- (Nya),
QS. ar-Rahman (55) : 10
di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang.
QS. ar-Rahman (55) : 11
Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya.
QS. ar-Rahman (55) : 12
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
QS. ar-Rahman (55) : 13
Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar,
QS. ar-Rahman (55) : 14
dan Dia menciptakan jin dari nyala api.
QS. ar-Rahman (55) : 15
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan.
QS. ar-Rahman (55) : 16
Tuhan yang memelihara kedua tempat terbit matahari dan Tuhan yang memelihara kedua tempat terbenamnya.
QS. ar-Rahman (55) : 17
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
QS. ar-Rahman (55) : 18
Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu,
QS. ar-Rahman (55) : 19
antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing.
QS. ar-Rahman (55) : 20
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
QS. ar-Rahman (55) : 21

Sungguh tidak terhitung nikmat yang Allah berikan kepada kita. Namun tidak terhitung pula seberapa sering kita melupakan nikmat-nikmat tersebut. Banyak hal-hal kecil yang secara sadar (atau tidak) sering kita lupakan atau kita abaikan. Kita tidak menyadari bahwa hal-hal kecil tersebut adalah nikmat yang diberikan oleh Allah azza wajalla.

Contoh kecil: kita sering melupakan betapa luar biasanya nikmat yang Allah berikan melalui udara yang kita hirup sehari-hari. Oksigen, yang kita hirup setiap detiknya, merupakan salah satu nikmat Allah yangsangat luar biasa. Allah menciptakan oksigen dengan susunan atom dan molekul tertentu sehingga dapat membantu proses respirasi di dalam tubuh kita. Bayangkan, apabila Allah merubah susunan atom pada oksigen, apa yang akan terjadi pada seluruh kehidupan di dunia.

Contoh lainnya adalah bagaimana Allah mengatur alam semesta ini dengan sedemikian rupa sehingga tercipta suatu system yang utuh. Bumi, yang menjadi tempat tinggal manusia, telah diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan untuk ditinggali. Jarak bumi dengan matahari pun telah diatur dengan pasti, sehingga suhu di bumi tidak terlalu panas atau terlalu dingin untuk memungkinkan adanya air, sebagai sumber kehidupan di bumi. Jarak matahari ke bumi adalah 149.669.000 kilometer (atau 93.000.000 mil). Jarak ini dikenal sebagai satuan astronomi dan biasa dibulatkan (untuk penyederhanaan hitungan) menjadi 148 juta km. Bayangkan jika jarak bumi lebih dekat lagi dengan matahari, suhu di bumi akan terlalu panas bagi siklus air yang stabil dan tidak memungkinkan untuk ditinggali. Atau apabila jaraknya lebih jauh, bumi akan diselimuti es dan tidak aka nada kehidupan di bumi.

Berapa sering lagi kita harus mengagumi karya Tuhan yang luar biasa,yang menciptakan langit dan bumi dari sebuah hakikat primat dari sebuah rincian yang demikian indah sehingga dengannya Ia dapat menciptakan otak dan pikiran yang bernyala dengan berkah kemampuan meramal yang ilahiah untuk menerobos misteri ciptaan-Nya sendiri. Jika pikiran dari seorang Bohr atau Einstein membuat kita terkagum-kagum dengan kekuatannya, bagaimana kita mulai memuja keagungan Tuhan yang menciptakannya?”

”Maka nikmat Tuhanmu yang mana yang kamu dustakan”.

About syahirwaan

Mahasiwa Akuntansi Unpad, Wirausahawan muda, dan Direktur Eksekutif Rumah Rakyat Indonesia (Lembaga Bantuan Sosial, Ekonomi dan Pendidikan)
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s