Ulama dan Jawara: Suara Rakyat Banten

Banten adalah negeri para ulama dan jawara. Sejarah Banten bisa tegak seperti saat ini, karena jasa besar para ulama dan jawara. Merekalah yang telah bekerja keras memajukan Banten. Jejak peran mereka dapat kita temui hingga saat ini di berbagai tempat.

Hingga kini, peran ulama dan jawara di Banten sangat penting. Pembangunan di Banten kini dan ke depan, tidak bisa dilepaskan dari peran keduanya. Bagaimana Banten ke depan, sangat bergantung pada kontribusi yang diberikan oleh ulama dan jawara. Pada keduanyalah, rakyat Banten menitipkan harapan, cita-cita dan masa depan mereka.

Di Banten, ulama memiliki posisi dan peran yang sangat khas. Di sebagian kawasan lain di Indonesia, peran ulama kerap hanya terbatas sebagai pengasuh pondok pesantren. Para ulama juga sering di posisikan sebagai tokoh elite masyarakat.

Di Banten sedikit berbeda. Peran ulama justru menjadi sangat penting karena tidak sebatas sebagai pengasuh pesantren. Ulama berbaur dengan masyarakat, tapi juga sekaligus dekat dengan pemimpin. Ulama adalah sosok yang menjembatani hubungan antara rakyat dan pemimpin. Bahkan, sejarah Banten menunjukkan bahwa banyak dari pemimpin Banten yang berasal dari kalangan ulama.

Di Banten, ulama identik dengan pemimpin. Ulama adalah figur yang menentukan kemajuan sebuah masyarakat. Mereka memainkan peranan di berbagai aspek kehidupan. Bahkan, ulama juga memiliki peran dalam memajukan ekonomi Banten. Keberhasilan Banten mencapai puncak kejayaan ekonominya di masa lalu sangat ditentukan oleh peran kepemimpinan ulama.

Karena itu, pengaruh ulama di Banten sangat besar. Ulama dikenal dekat dengan rakyat. Mereka berbaur dengan kehidupan sehari-hari rakyat kecil. Inilah yang membuat ulama menjadi sosok yang pertama tahu tentang gejala apa yang berkembang di masyarakat. Ulama adalah suara rakyat Banten.

About syahirwaan

Mahasiwa Akuntansi Unpad, Wirausahawan muda, dan Direktur Eksekutif Rumah Rakyat Indonesia (Lembaga Bantuan Sosial, Ekonomi dan Pendidikan)
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s